Akibat Perang Antar Negara ditulis oleh : Inayatul Amanah 
Perang antar Negara terjadi karena adanya perselisihan dan persaingan antar Negara yang digunakan sebagai sarana untuk memperkuat eksistensi Negara tersebut dengan cara menundukkan kehendak pihak yang dimusuhi, mulai secara psikologi maupun fisik.
Perang yang melibatkan kubu yang berselisih ini biasanya mengakibatkan kesedihan dan kemiskinan yang berkepanjangan. Misalnya pada perang dunia yang mengakibatkan hilangnya nyawa beratus –ratusan orang di Jepang,dan tentu akan mengakibatkan kesedihan yang mendalam dalam diri masyarakat tersebut.
Masalah seperti ini masih bisa kita lihat di Negara bagian timur, yakni perang antara Negara Israel dan Palestina. Akibat perang yang berkepanjangan sampai sekarang ini, banyak kerugian yang ditanggung oleh Negara tersebut. Baik kerugian secara materil maupun psikologi.
Kerugian secara materil misalnya terjadinya kemiskinan,yakni kelangkaan kebutuhan makanan,harga kebutuhan menjadi mahal. Sedangkan kerugian secara psikologi bisa dilihat pada anak-anak yang ada diwilayah medan perang tersebut,mereka akan kehilangan masa kecilnya yang penuh keceriaan bermain dengan teman-temannya, dan sering mereka merasakan ketakutan (trauma) akan kondisi yang terjadi sekarang.
Perang antar Negara juga sangat mempengaruhi perekonomian di Negara tersebut. Kebutuhan Negara untuk mengekspor barang keluar Negari pun terganggu. Akibatnya pendapatan Negara terebut menurun. Perang ini pun akan menimbulkan rasa dendam terhadap Negara yang diserang maupun terserang dalam waktu yang berkepanjangan.
Berkurangnya jumlah penduduk, dikarenakan banyaknya korban yang berjatuhan dalam perang tersebut. Tidak hanya korban manusia yang berjatuhan tapi juga fasilitas umum yang ada di Negara tersebut. Perang antar Negara selamanya akan menimbulkan dampak yang negatif bagi Negara tersebut baik di bidang ekonomi,diplomatik,militer,maupun hubungan antar Negara tersebut.(IB/95+)


0 komentar:

Post a Comment

 
Top